(A)
Fakultas Psikologi Universitas
Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
(B)
Januari 2012
(C)
Yunita Diskariani Lestari
(D)
xvii + 113 halaman + lampiran
(E) Pengaruh Motivasi Mahasiswa,
Sikap dan Kebiasaan Belajar, dan Faktor Demografis Terhadap Hasil Belajar
Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(F) Hasil belajar mahasiswa adalah
ukuran nilai yang didapat oleh seorang mahasiswa selama mengikuti proses
belajar dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Nilai yang didapat disebut
indeks prestasi (IP), yang didapat setelah mahasiswa menjalani proses belajar
dalam kurun waktu satu semester atau indeks prestasi kumulatif (IPK). Dalam
penelitian ini hasil belajar mahasiswa adalah nilai indeks prestasi kumulatif
(IPK) selama 2 semester, yaitu semester 1 dan 2 pada masing-masing mahasiswa
semester 3. Faktor – faktor yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa adalah
motivasi mahasiswa masuk perguruan tinggi yang terdiri dari lima aspek motivasi
yaitu motivasi karir materialis, motivasi pengembangan intelektual pribadi,
motivasi kemanusiaan, motivasi harapan, dan motivasi tak ada pilihan. Sikap dan
kebiasaan belajar terdiri dari empat aspek yaitu delay avoidance, work
methods, teacher approval, education acceptance. Faktor demografis yaitu
jenis kelamin, latar belakang sekolah dan lama belajar dalam sehari.
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi mahasiswa,
sikap dan kebiasaan belajar, jenis kelamin, latar belakang sekolah, dan lama
belajar terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian kuantitatif dengan
analisis regresi melibatkan 350 sampel pada mahasiswa/i yang memenuhi kriteria
(semester tiga tahun akademik 2010/2011 yang tercatat aktif kuliah di tahun
ajaran 2011/2012 Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta).
Alat ukur motivasi mahasiswa yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil
adaptasi dari alat ukur yang dikembangkan oleh Cote dan Levine. Sedangkan alat
ukur sikap dan kebiasaan belajar yang digunakan dalam penelitian ini adalah
hasil adaptasi dari alat ukur yang dikembangkan oleh Brown dan Holtzman.
Uji
validitas masing-masing item dilakukan dengan metode CFA (Confirmatory
Factor Analyis) menggunakan LISREL 8.70. Kemudian untuk uji hipotesis
menggunakan analisis regresi berganda (Multiple regression analysis)
menggunakan SPSS 17.0. Pada penelitian ini, peneliti menganalisis alat ukur
berdasarkan dimensi atau aspek dari variabel sehingga pada uji hipotesis
peneliti menganalisis satu per satu aspek dari seluruh variabel independen
terhadap variabel dependen.
Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersamaan motivasi mahasiswa, sikap dan
kebiasaan belajar, jenis kelamin, latar belakang sekolah, dan lama belajar
secara signifikan mempengaruhi hasil belajar mahasiswa sebesar 7,2% dengan
signifikansi P=0,046<0,05. Sedangkan
sisanya 92,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Dalam
penjabarannya terdapat dua variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap
hasil belajar mahasiswa, yaitu work methods, dan lama belajar. Untuk
penelitian selanjutnya, peneliti menyarankan agar menggunakan lebih banyak lagi
independen variabel yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa karena
masih banyak sekali variabel-variabel yang mempengaruhinya.
(G)
Daftar Bacaan: 29; buku: 23 + jurnal:
4 + tesis: 1 + Skripsi: 1
4 komentar:
KAKAK,,AKU UDAH SIDANG DIREVISI SKRIPSINYA,,LALU VARIBAEL y PRESTASI BELAJAR HARUS DIGANTI DENGAN ipk,,AKU KURANG BAHAN TENATANG ipk,,,,MAU DUN KAK,,SHARE BAHAN TENTANG IPK NYA,,HIKS HIKS,,SEDIH...
lianuroctaviana_88@yahoo.com
Wahhh Hebat..hebat.. Selamat yaa ^_^
memang tadinya variabel prestasi belajarnya menggunakan nilai apa??
Semua teori aku tentang IPK, aku ambil dari Buku Pedoman Akademik kampus aku...
subhanallah mantap nich ceritanya. Sukses nita.
Ini bukan Cerita...
Posting Komentar