14 Januari, 2014

Nyantren Week End

Pesantren Kahuripan

Liburan kali ini terasa amat mem-bete-kan, mungkin. Karena saya sama sekali tidak mempunyai rencana akan liburan kemana, rasanya semuanya buntu, padahal libur hampir 2 minggu dipotong raker 4 hari, jadilah saya mempunyai waktu libur sebanyak 10 hari.

Ayah sibuk, bunda sibuk, semuanya sibuk, jadilah saya liburan sebatang kara, nasib Hachi, eh bukan, nasib saya.

Tapiii semua berubah ketika ada teman yang menawarkan ikut liburan sambil nyantren, hah liburan dipesantren??? Tanya saya sambil melotot *eh

Saya segera meng-iyakan, oke saya mau. Sepakat deal. Liburan dipesantren, horeeee, akhirnyaaa saya bisa liburan juga, yang penting ga ngejedog di rumah hahaahaa...

Namanya PESANTREN KAHURIPAN di Cilengsi, santrinya mungkin sudah pada pulang, jadi hanya tersisa 5 orang dan rombongan saya. Ternyata saya ikut rombongan dari acara Nyantren Week End, bisa di bilang ini acara penutupannya setelah berjalan satu semester. Nyantren Week End itu semacam kajian yang berlokasi di kelapa dua, membahas kitab-kitab fiqih seperti Bulughul maram, ilmu bahasa arab dan lain-lain, saya masih belum paham, karena baru tau hari itu pas sampai di Pesantren Kahuripan.

Sampai disana saya di suguhi oleh beberapa pembicara yang super Wowww... kenapa super dan kenapa Woww karena rata-rata pembicaranya mempunyai jenggot yang lebattt, bukan-bukan, bukan karena itu, karena rata-rata dialognya menggunakan bahasa arab. Mantab... sudah lama saya tidak mendengar bahasa itu setelah 5 tahun yang lalu lulus dari pondok.

Dan yang lebih Woww nya lagiiii, saya mempunyai teman-teman baru yang super dasyat karena, terlihat cukup tinggi gairah mencari ilmunya, dan satu lagii yang bikin Woww... rata-rata menggunakan CADAR, subhanallah, masih muda, cantik, pinter, dan sanggup pakai cadar, salut. Semogaa Allah memudahkan saya untuk terus menjaga yang wajib dan memudahkan yang sunnah. Aamiin

Pembicara pertama adalah Ustd. Hasan Syaikh Shaleh Al-Utsaimin berbicara tentang bermu’amalah dengan kitab syar’i. Jangan bilang-bilang Syaikh nya yaa, dipertengahan aku ngantuk banged, godaan syetan banged, alhasil aku tidur tapi sambil denger, yang aku tangkep dari penjelasan bliau adalah bahwa ilmu itu terbagi dua, ada ilmu syar’i dan ada ilmu alat. Penjelasannya ada dibuku catatanku yang aku sendiri ga kebaca hehee
Pembicara kedua adalah Ustd. Anshori Taslim, LC tentang Al-Kutubu As-Sittah
Pembicara ketiga adalah Syaikh Shalih Al-Hidan tentang Mafhum Ahli Sunnah wal Jama’ah.

Tapiii disini ada sesi yang paling JLEBB di hati aku, ketika ada seorang Ustd. yang bertanya kepada para Santri Week End, kitab apa yang kamu punya di rumah? Sebutkan? Saya bukan termasuk santri week end itu, tapiii fikiran saya langsung terbayang-banyang dengan kitab-kitab saya yang sudah berapa tahun tidak saya sentuh, namanya pun saya sudah ada yang lupa, hmm... kitab kuningku apakabar?

Setelah pulang saya langsung menengok kitab-kitab kuning saya, yang ternyata saya taru ditempat yang kurang layak, saya baru tahu kalau sebagian lemari saya dimakan rayap, alhasil beberapa kitab saya robek ga karuan. Saya langsung memindahkan kitab-kitab saya dan membelikan rak buku baru, mengelapi kitab yang hampir tertutup debu dan membaca note-note kecil saya 5-7 tahun yang lalu.

Terimakasih Ustd. Secara tidak langsung Ustd. sudah mengingatkan saya untuk lebih mengurusi kitab-kitab terdahulu saya, dan memberikan motivasi untuk menyentuh, membuka, dan mempelajari kitab-kitab itu lagi. Semoga Allah memudahkan.

Salam Super Rindu Teruntuk:
Al-Kawakib Syarah Al-Jurmiah, Tafsir Al-Jalalain, Al-Bajuri ala ibnu qosim, Syarah Ibnu aqil 2 jilid, Ibanatul ahkam Syarah Bulughul Maram 2 jilid, Syarah Ibnu Akil Alal Alfiyah, Syarah Fathul mu’in, Syarah Tijan Darori, Syarah Nashil Ibad, Syarah Fathul qorib, Muhtasor Syafi, Syarah Muhtasor jidan, Syarah Tanqihul Qoul, Syarah Ta’lim mu ta’lim, An-Nasohih diniyah, Syarah Risalah Mu’awanati, Syarah Qurotul Uyun, Al-Usfuriyah, Syarah Ariyadul badriyah, Syarah Maroqi ubudiyah, Nurul Yaqin, Bulughul Marah, Matan Dzubat, Ilmu Mantiq, Nahwu wadhi jus 1 s.d 3, Nahwu Sorof, dan puluhan kitab yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu namun tidak menguringi rasa Rindu saya untuk bisa terus mempelajarinya.

Semoga dari Liburan ini, saya semakin bisa memprioritaskan mana ilmu syar’i yang wajib saya utamakan dan mana ilmu alat yang membantu mempelajari. Semoga Allah memudahkan. 

Yunita Jasmine



Tidak ada komentar: