28 Januari, 2012

ABSTRAK Skripsweet

(A)   Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

(B)    Januari 2012

(C)    Yunita Diskariani Lestari

(D)   xvii + 113 halaman + lampiran

(E)   Pengaruh Motivasi Mahasiswa, Sikap dan Kebiasaan Belajar, dan Faktor Demografis Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

(F)  Hasil belajar mahasiswa adalah ukuran nilai yang didapat oleh seorang mahasiswa selama mengikuti proses belajar dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Nilai yang didapat disebut indeks prestasi (IP), yang didapat setelah mahasiswa menjalani proses belajar dalam kurun waktu satu semester atau indeks prestasi kumulatif (IPK). Dalam penelitian ini hasil belajar mahasiswa adalah nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) selama 2 semester, yaitu semester 1 dan 2 pada masing-masing mahasiswa semester 3. Faktor – faktor yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa adalah motivasi mahasiswa masuk perguruan tinggi yang terdiri dari lima aspek motivasi yaitu motivasi karir materialis, motivasi pengembangan intelektual pribadi, motivasi kemanusiaan, motivasi harapan, dan motivasi tak ada pilihan. Sikap dan kebiasaan belajar terdiri dari empat aspek yaitu delay avoidance, work methods, teacher approval, education acceptance. Faktor demografis yaitu jenis kelamin, latar belakang sekolah dan lama belajar dalam sehari.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi mahasiswa, sikap dan kebiasaan belajar, jenis kelamin, latar belakang sekolah, dan lama belajar terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian kuantitatif dengan analisis regresi melibatkan 350 sampel pada mahasiswa/i yang memenuhi kriteria (semester tiga tahun akademik 2010/2011 yang tercatat aktif kuliah di tahun ajaran 2011/2012 Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta). Alat ukur motivasi mahasiswa yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil adaptasi dari alat ukur yang dikembangkan oleh Cote dan Levine. Sedangkan alat ukur sikap dan kebiasaan belajar yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil adaptasi dari alat ukur yang dikembangkan oleh Brown dan Holtzman.

Uji validitas masing-masing item dilakukan dengan metode CFA (Confirmatory Factor Analyis) menggunakan LISREL 8.70. Kemudian untuk uji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda (Multiple regression analysis) menggunakan SPSS 17.0. Pada penelitian ini, peneliti menganalisis alat ukur berdasarkan dimensi atau aspek dari variabel sehingga pada uji hipotesis peneliti menganalisis satu per satu aspek dari seluruh variabel independen terhadap variabel dependen.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersamaan motivasi mahasiswa, sikap dan kebiasaan belajar, jenis kelamin, latar belakang sekolah, dan lama belajar secara signifikan mempengaruhi hasil belajar mahasiswa sebesar 7,2% dengan signifikansi P=0,046<0,05. Sedangkan sisanya 92,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Dalam penjabarannya terdapat dua variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa, yaitu work methods, dan lama belajar. Untuk penelitian selanjutnya, peneliti menyarankan agar menggunakan lebih banyak lagi independen variabel yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa karena masih banyak sekali variabel-variabel yang mempengaruhinya.

(G)   Daftar Bacaan: 29; buku: 23 + jurnal: 4 + tesis: 1 +  Skripsi: 1

4 komentar:

my blog mengatakan...

KAKAK,,AKU UDAH SIDANG DIREVISI SKRIPSINYA,,LALU VARIBAEL y PRESTASI BELAJAR HARUS DIGANTI DENGAN ipk,,AKU KURANG BAHAN TENATANG ipk,,,,MAU DUN KAK,,SHARE BAHAN TENTANG IPK NYA,,HIKS HIKS,,SEDIH...
lianuroctaviana_88@yahoo.com

Sukanitha mengatakan...

Wahhh Hebat..hebat.. Selamat yaa ^_^

memang tadinya variabel prestasi belajarnya menggunakan nilai apa??

Semua teori aku tentang IPK, aku ambil dari Buku Pedoman Akademik kampus aku...

Raden Mas Misno mengatakan...

subhanallah mantap nich ceritanya. Sukses nita.

Sukanitha mengatakan...

Ini bukan Cerita...