09 Juni, 2010

“PEREMPUAN INDONESIA MENGHADAPI TANTANGAN ABAD 21”

Wanita adalah tonggak kehidupan Negara. Wanita juga merupakan madrasah pertama bagi anak-anak sebelum mereka mengenal bangku sekolah. Wanita mempunyai kedudukan yang mulia baik menurut Al-Qur’an maupun Negara. Sehingga derajat wanita dengan pria setara dalam hal mendapatkan kehidupan yang layak. Meskipun pada dasarnya ada beberapa kodrat-kodrat wanita yang tidak dapat disamakan dengan pria. Bisa dikatakan sebuah Negara makmur dan maju apabila mempunyai wanita-wanita yang baik dan hebat.

Kedudukan wanita pada jaman dahulu sangat berbeda sekali dengan wanita pada jaman sekarang. Kedudukan wanita pada jaman dahulu sangat terkucilkan, terasingkan, dan dianggap rendah hingga pernah bayi-bayi wanita yang lahir kebanyakan yang dibunuh karena hanya dianggap sebagai pembawa sial. Namun sekarang semua itu telah berubah. Emansipasi wanita yang membuat wanita sekarang ini sangat dihargai, dilindungi, dan dihormati sebagai warga Negara yang mempunyai kedudukan yang setara dengan pria. 

Pada abad 21 ini, ketika jaman sudah berkembang, ketika teknologi sudah semakin pesat dan pemikiran-pemikiran serta kemampuan wanita sudah mulai diakui oleh pria lalu bagaimana peranan wanita khususnya diindonesia dalam menghadapi tantangan di abad 21 ini, dimana kedudukan wanita sudah setara dengan pria namun wanita juga tidak bisa melupakan kodrat-kodratnya sebagai wanita seperti melahirkan, menyusui, membimbing untuk anak-anaknya dan melayani suaminya. 

Menurut saya, semua ini bisa terjawab dengan agama khususnya islam, agama yang saya anut dan saya yakini kebenarannya hingga akhir jaman. Agama islam dengan pedomannya Al-Qur’an sudah menerangkan dengan sangat jelas dan rinci tentang kedudukan-kedudukan wanita, tugas-tugas wanita terhadap negaranya, lingkungannya, agamanya, suaminya, anak-anaknya dan dirinya. Semua itu sudah tertulis sebelum tahun 1400 sm yang lalu.

Saya meyakini dengan pasti apabila wanita-wanita ini berpedoman pada ajaran agama, mereka pasti mengerti dan bisa menghadapi tantangan abad 21 ini dengan baik dan benar tanpa melupakan tugas-tugas dan kodrat-kodratnya sebagai wanita. Oleh karena itu sebaiknya tanaman agama sudah diperkenalkan orang tua kepada anaknya sejak dini agar tertanan nilai-nilai dan moral-moral yang baik hingga tercipta wanita-wanita hebat yang berahlak baik untuk siap mengharumkan nama baik negaranya dan menciptakan generasi-generasi yang baik pula.

Jadi kesimpulannya, wanita sangat berarti untuk kemajuan Negara dan agamanya namun semua itu harus dilandasi dengan agama yang kuat dan ilmu pengetahuan yang memadai. Agar mereka dapat menghadapi tantang abad 21 ini dengan baik dan benar serta hebat tanpa menelantarkan tugas-tugas dan kodrat-kodrat yang mereka miliki. Dengan itu mereka dapat mengharumkan dan menciptakan generasi-generasi muda yang baik pula.

Creative : Yunita

Tidak ada komentar: