19 Oktober, 2012

URGENSI TARBIYAH RUHIYAH



Allah mengilhamkan pada manusia itu potensi fujur dan takwa, yakni kebaikan dan kejahatan.

Tarbiyah, sebagaimana ditulis oleh Abdul Halim Mahmud dalam perangkat-perangkat Tarbiyah, berarti adalah cara ideal berinteraksi dengan fitrah manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk memproses perubahan dalam diri manusia menuju kondisi yang lebih baik.

Secara bahasa, Tarbiyah adalah proses menjadikan objek tarbiyah (manusia) semakin sempurna potensinya. Pengertian ini mengajarkan kepada kita bahwa sesungguhnya kegiatan tarbiyah merupakan kegiatan yang sangat mulia, karena ia bertujuan membangun manusia pada seluruh segi kemanusiaannya, agar menjadi mahluk yang sempurna sesuai dengan derajatnya sebagai manusia.

Tarbiyah Ruhiyah adalah Dasar dari Seluruh Bentuk Tarbiyah

Dalam pembentukannya memiliki beragam unsur. Secara umum, unsur-unsur itu adalah fisik, akal pikiran, dan ruhani. Jika fisik sehat dan pengetahuan juga ada, namun jiwanya lemah dan malas maka seseorang tidak akan berbuat sesuatu. Jika fisik memadai dan seseorang mengerti urgensi suatu tindakan namun ia tidak menyukainya dan tidak memiliki motivasi untuk mengerjakannya maka ia juga tidak akan bergerak. Itulah ruhani atau jiwa dengan segenap komponen detailnya. Seperti perasaan, hati, nurani, kecenderungan, dan lain-lainnya. Oleh karena itu manusia yang berhasil membina jiwanya sesuai dengan tuntunan Allah SWT maka ia akan menjadi manusia yang dinamis dalam karya dan ketundukan kepada Allah SWT.

Tarbiyah Ruhiyah Mendorong Untuk Beramal Saleh

Amal shaleh adalah amal yang niatnya semata-mata hanya karena Allah, adapun jika ia terlihat baik dimata manusia itu merupakan bonus. Harapannya semata-mata untuk mencari pahala.

Tarbiyah Ruhiyah Memperkokoh Jiwa Manusia Dalam Mensikapi Berbagai Peristiwa

Ada banyak kejadian baik menyenangkan, menentramkan, memunculkan harapan, menyedihkan, mengecewakan, membangkitkan emosi bahkan membuat seseorang putus asa. Tarbiyah ruhiyah menanamkan nilai-nilai ruhiyah yang dapat memperteguh jiwa dan mengokohkannya.
Tariyah Ruhiyah Adalah Terapi Paling Efektif Beragam Penyakit Ruhani
Tarbiyah ruhiyah menanamkan tanggung jawab amanah dihadapan Allah, lebih kuat dari pada sekedar tanggung jawab dihadapan sesama.

Tarbiyah Ruhiyah Merupakan Pendidikan Persiapan Dalam Membentuk Mental Generasi Muda

Dengan tarbiyah ruhiyah ini, pemuda dan pemudi di bimbing jiwanya untuk memahami dan menghayati persoalan kehidupan secara jernih dan benar agar pemuda mengetahui apa tugas utama mereka, bagaimana menghadapi tantangan hidup dimasa mendatang.

Tarbiyah Ruhiyah Merupakan Bekal Utama Bagi Para Aaktifis Dakwah Dalam Menghadapi Berbagai Persoalan

Tantangan dakwah beragam bentuknya ada yang berupa ujian yang menyusahkan, ada pula ujian yang mengenakan dan melenakan. Semua harus dihadapi dengan kualitas ruhani prima. Iman yang kuat kepada Allah, keyakinan yang teguh atas misi ilahiyah yang tengah diemban, hingga keyakinan akan adanya pembalasan diakhirat kelak, merupakan unsur-unsur yang perlu terus diperkokoh dalam diri.

Ibadah Sebagai Sarana Tarbiyah Ruhiyah

Ibadah diperintahkan Allah untuk kepentingan hambanya sendiri.


2 komentar:

Rinem mengatakan...

waw kak nita keyen .,........... memang enuh dengan jiwa sosial yang luar biasa, semoga termsuk orang2 yang dirundukan surga Amin Yaa Robalalamin

Sukanitha mengatakan...

hehehheeee... mas rynem bisaa ajaaaaaahhhh. aamiin